Pelaksanaan Kolokium Seri 3 Pusat Kajian Matematika dan Statistika Universitas Sulawesi Barat

85

Pusat Kajian Matematika dan Statistika UNSULBAR telah melaksanakan kolokium seri 3 sebagai lanjutan dari pelaksanaan kolokium seri 1 dan 2 yang telah dilaksanakan sebelumnya. Kolokium seri 3 ini dilaksanakan pada tanggal 24 September 2022 secara daring dengan jumlah peserta sebanyak 73 orang yang merupakan dosen dan mahasiswa dari dua program studi di lingkup FMIPA UNSULBAR

Seperti pada pelaksanaan kolokium sebelumnya, materi pada kegiatan ini juga dibagi menjadi 2 yaitu penelitian bidang matematika dan bidang statistika.

Narasumber untuk bidang matematika yaitu Bapak Wahyudin Nur, S.Si., M.Si. yang merupakan dosen Program Studi Matematika FMIPA UNSULBAR dengan materi Impact of Vaccination, Disinfection, and Early Quarantine on the Spread of Foot and Mouth Disease in Livestock: A Mathematical Approach. Penelitian ini merupakan penelitian kolaborasi dosen dengan mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah Pemodelan Matematika Semester Ganjil Tahun Akademik 2022/2023 yang membahas tentang pemodelan matematika untuk penyakit mulut dan kuku hewan ternak yang mulai mewabah di Indonesia pada Bulan Mei 2022.

Narasumber untuk bidang statistika yaitu Ibu Nur Hilal A. Syahrir, S.Si., M.Si. yang merupakan dosen Program Studi Statistika FMIPA UNSULBAR dengan materi  Pemanfaatan Metode Komputasi untuk Screening Senyawa Bahan Alam pada Penemuan dan Pengembangan Obat.  Penelitian ini membahas tentang penggunaan big data dalam proses drug discovery yang menghasilkan daftar kandidat senyawa yang memiliki kemungkinan yang lebih besar sebagai kandidat obat.